Tips Mencegah Virus Corona dengan Pola Hidup Sehat

Sejak akhir tahun 2019 lalu, dunia dihebohkan dengan kemunculan virus baru yakni virus corona. Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China tersebut masih sejenis dengan virus penyebab flu. Hingga saat ini belum ada kabar dari dunia kedokteran mengenai obat maupun anti virus yang dapat melawan virus corona.

Karena penyebarannya yang begitu mudah, kita harus waspada terhadap wabah virus corona. Penyebaran virus dapat melalui udara saat seseorang batuk dan bersin, maupun melalui benda-benda yang sering disentuh oleh banyak orang seperti gagang pintu, tombol lift, hingga uang kertas. Beberapa negara bahkan telah menerapkan “lockdown” baik dengan skala kecil hingga satu negara penuh.

Pola hidup bersih dan sehat serta berdoa kepada Allah AWT menjadi satu-satunya pilihan supaya kita terhindar dari eabah virus corona, mengingat saat ini Indonesia sudah terdampak virus tersebut. Berikut beberapa tips pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah infeksi virus corona

Makan Makanan Bernutrisi

Penting untuk makan makanan yang penuh nutrisi untuk mencukupi angka kebutuhan gizi dalam sehari. Makanan bernutrisi yang dimaksud disini tidak hanya berupa sayur dan buah, melainkan mengandung zat penting lain yang diperlukan tubuh misalnya karbohidrat, protein, lemak sehat, dan vitamin. Akan lebih baik jika anda mengurangi makanan fast food seperti pizza, burger, kentang goreng, dan sejenisnya karena makanan tersebut memiliki jumlah kalori yang sangat tinggi dan rendah akan nutrisi.

Rajin Berolahraga

Dalam seminggu, setidaknya kita disarankan untuk berolahraga selama minimal 20 menit per hari selama 5 hari. Berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena dengan olahraga peredaran darah menjadi lebih lancer. Tidak hanya itu, melakukan aktivitas fisik dengan seperti olaraga akan meningkatkan hormon endorfin yang memicu rasa senang sehingga kita tidak mudah menjadi stress.

Cukup Istirahat

Waktu istirahat yang cukup untuk orang dewasa minimal 6 – 8 jam per hari. Manusia memerlukan tidur yang cukup untuk memperbaiki sel-sel maupun jaringan tubuh yang rusak. Jika seseorang kekurangan waktu tidur maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dan mudah terinfeksi virus karena tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk memulihkan sel maupun jaringan yang rusak.

Minum Multivitamin

Meskipun bukan merupakan suatu kewajiban, meminum multivitamin dapat menjadi salah satu opsi atau pilihan untuk memunjang tingkat kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi multivitamin, tubuh akan mendapat nutrisi tambahan yang mungkin belum dapat tercukupi dengan mengkonsumsi makanan harian.

Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan meski tidak ada wabah virus corona. Dengan kita mencuci tangan maka dapat memutus rantai pembawa/carrier suatu virus terutama virus corona. Tidak hanya melindungi diri sendiri, mencuci tangan dapat membantu melindungi orang tersayang yang ada di sekitar kita karena dalam kehidupan sehari-hari kita telah menyentuh berbagai benda yang merupakan fasilitas umum dimana letak bakteri dan virus terkumpul.

Mengenakan Masker

WHO (World Health Organization) merekomendasikan agar mengenakan masker saat kita merasa kurang enak badan. Masker dapat mencegah virus dan bakteri yang kita keluarkan pada saat bersin maupun batuk menginfeksi orang lain dan menempel pada benda di sekitar kita. Meski orang yang dalam keadaan sehat kurang direkomendasikan menggunakan masker dan lebih disarankan pada orang sakit, tapi tidak ada salahnya sebagai salah satu bentuk preventif atau pencegahan yang kita lakukan agar terhindar dari virus corona.

 

 

 

Bagikan kabar baik ini :)

Tentang Penulis

ummiaqiqah