Sya’ban dan Keutamaan Berpuasa di Dalamnya

Ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nanti oleh kaum muslim di seluruh dunia. Banyaknya pahala yang bisa didapatkan saat bulan Ramadhan adalah salah satu sebab mengapa Ramadhan selalu dinantikan kehadirannya.

Akan tetapi, sebelum Ramadhan tiba kita harus melewati bulan Sya’ban sebelumnya. Sya’ban adalah salah satu bulan dalam kalender hijriah yang mana berada tepat sebelum bulan Ramadhan. Sebagian muslim menjadikan bulan Sya’ban menjadi batu loncatan atau pemanasan awal sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Perlu diketahui bahwa bulan Sya’ban terdapat waktu dimana segala amal dan perbuatan manusia selama satu tahun diangkat ke hadapan Allah SWT yakni malam nisfu sya’ban. Malam nisfu sya’ban terletak diantara pertengahan bulan sya’ban yakni pada tanggal 15 Sya’ban.

Selain itu, terdapat keutamaan untuk memperbanyak berpuasa di bulan Sya’ban. Dalam shahih Bukhari dan Muslim, diriwayatkan oleh Aisyah r.a menceritakan bahwa:

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ يَصُوْمُ حَتَّى نَقُوْلُ لاَ يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُوْلُ لاَ يَصُوْمُ فَمَا رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامً مِنْهُ فِيْ شَعْبَانَ

“Aku tidak pernah melihat Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam puasa satu bulan penuh kecuali pada bulan Ramadhân dan aku tidak pernah melihat beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam puasa lebih banyak dalam sebulan dibandingkan dengan puasa beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada bulan Sya’bân.

Oleh karena itu, marilah kita sebagai umat muslim untuk memperbanyak puasa di bulan Sya’ban ini. selain latihan awal sebelum memasuki bulan Ramadhan, dengan berpuasa di bulan Ramadhan kita juga menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Bagikan kabar baik ini :)

Tentang Penulis

ummiaqiqah