Resep Sate Kambing Bumbu Kacang Empuk dan Enak

Memasak olahan daging (sapi / kambing) supaya empuk dan enak tentu cukup culit. Daging dari sapi maupun kambing memiliki serat yang besar sehingga perlu cara khusus untuk membuatnya menjadi empuk. Untuk daging kambing, selain berserat besar juga punya aroma tajam yang sebagian besar orang tidak menyukainya. Karena itu, dua masalah utama yang perlu ditangani saat mengolah daging kambing yakni tekstur yang keras dan aroma yang tajam.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau prengus dan tekstur daging kambing. Cara pertama yakni menggunakan perasan jeruk lemon. Lemon yang memiliki kadar keasaman yang tinggi dapat memecah serat daging kambing. Selain itu aroma lemon yang segar dapat mengurangi bau prengus. Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan bau prengus pada saat setelah mencuci bersih daging kambing, lumurkan air perasan lemon dan diamkan kurang lebih selama 10-15 menit. Cara yang kedua bisa menggunakan parutan buah nanas. Penggunaannya sama seperti menggunakan lemon yakni balurkan nanas yang sudah diparut pada daging kambing dan diamkan sekitar 10-15 menit. Cara lainnya untuk mengempukkan daging kambing bisa klik disini

Setelah mendapat daging kambing yang empuk dan tidak bau prengus, selanjutnya bisa kita mulai mengolahnya. Sebelumnya perlu diketahui bahwa sate kambing biasa diolah dengan cara langsung dibakar pada saat mentah atau direbus dulu bergantung selera. Untuk resep lengkapnya dapat dilihat dibawah.

Resep Sate Kambing Bumbu Kacang

500 gram daging kambing

Bumbu bakaran:

3 siung bawang putih

1 sdt garam

1 sdt ketumbar bubuk

1 lbr daun jeruk

1 bauh cabe rawit (opsional)

Bumbu saus kacang:

1 ons kacang tanah

4 siung bawang putih

1 buah kemiri

Daun Jeruk Purut

Garam Secukupnya

Kecap manis

 

Langkah-langkah:

  1. Potong berbentuk dadu daging kambing yang telah dicuci
  2. siapkan bumbuk untuk bakaran, bisa diuleg maupun diblender
  3. buat bumbu untuk saus kacang, sebelumya kacang harus digoreng dulu lalu haluskan dengan bumbu sesuai diatas
  4. bakar daging kambing yang sudah ditusuk dan olesi dengan bumbu bakaran.
  5. setelah matang hidangkan dan tambahkan bumbu kacang dan kecap.

 

Bagikan kabar baik ini :)

Tentang Penulis

ummiaqiqah