Resep Gule Untuk Aqiqah Mudah dan Enak

Tidak bisa dipungkiri kalau gule merupakan masakan yang paling sering hadir pada masakan aqiqah. Sudah sejak lama melekat di Indonesia bahwa gule menjadi pendamping sate untuk melengkapi sajian aqiqah. Kurang rasanya jika aqiqah tanpa ditemani makanan dengan kuah santan yang kental ini. Rasa gurih dari santan ditambah aroma khas aneka rempah membuat pencinta masakan Indonesia jatuh hati dibuatnya.

Meski bahan utama gule berasal dari beragam jenis, gulai aqiqah sudah pasti menggunakan daging, jeroan, dan tulang dari kambing. Karena kambing memiliki aroma khas yang dapat dibilang cukup tajam, atau masyarakat indonesaia menyebutnya “prengus” sudah pasti membutuhkan treatment atau penanganan untuk mengurangi bau tersebut. Bebrapa trik untuk menghilangkan bau prengus pada kambing bisa anda lihat sebelumnya dihalaman cara menghilangkan bau prengus pada kambing.

Oke, tak perlu berlama-lama berikut resep gule untuk aqiqah

 

GULAI KAMBING AQIQAH (10 Porsi)

Bahan

500 Gram Daging Kambing

500 Gram Tulang Belulang Kambing

250 Gram Jeroan Kambing (opsional)

500 ml Santan

50 ml Minyak Goreng

5 Batang Serai

10 Lembar Daun Salam

10 Lembar Daun Jeruk

15 Siung Bawang Putih

10  Siung Bawang Merah

10 Buah Cabai Merah

5 Buah Cabai Keriting

2 sdt Merica

Lengkuas Secukupnya

Jahe Secukupnya

Kunyit Secukupnya

Cengkeh Secukupnya

Kayu Manis Secukupnya

Garam Sesuai Selera

Gula Sesuai Selera

 

Cara Memasak

  1. Bersihkan daging kambing, jeroan, dan tulang dengan mencucinya hingga bersih, lalu rebus kedalam air mendidih kurang lebih 15 Menit. Buang air rebusan untuk menghilangkan bau prengus. Tiriskan
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, cabe merah, dan cabe keriting. Setelah itu tumis dengan minyak goreng bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga kalis.
  3. Rebus kembali daging kambing dalam air mendidih selama 15 menit lalu tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan dan santan. Aduk perlahan secara terus menerus supaya santan tidak pecah.
  4. Tambahkan Lengkuas yang sudah dikeprek, daun salam, daun jeruk, kayu manis dan daun serai. Tambahkan gula, garam, dan merica sesuai selera, tambahkan bubuk kaldu jika anda ingin rasa nyang lebih kuat.
  5. Tunggu bumbu meresap kedalam daging kambing selama 15 menit, hangan lupa aduk perlahan supaya santan tidak pecah. Gulai Kambing Aqiqah siap dihidangkan.

 

 

Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan? Memang untuk membuat gulai kambing yang enak membutuhkan banyak bumbu dan rempah dalam membuatnya. Waktu yang dibutuhkan juga cukup lama sehingga memerlukan sedikit kesabaran. Jika tidak mau repot karena tidak ada cukup waktu dan Tenaga untuk mengolah kambing aqiqah menjadi masakan yang enak, anda tidak perlu bingung karena pada saat ini sangat banyak Layanan yang membantu anda menunaikan ibadah aqiqah. Berikut ini rekomendasi daftar jasa layanan aqiqah yang mungkin butuhkan untuk membantu proses aqiqah anda, Klik disini.

Bagikan kabar baik ini :)

Tentang Penulis

ummiaqiqah