Pentingnya Anak Sholih bagi Orang Tua

Salah satu pahala yang terus mengalir saat seorang manusia sudah meninggal yakni anak yang sholih dan berbakti kepada orang tua. Anak yang sholih akan selalu senantiasa mendoakan orang tuanya bahkan ketika orang tua sudah meninggal. Semua kebaikan yang dikerjakan oleh anak, orang tua yang telah wafat juga memperoleh darinya. Sangat beruntung bagi orang tua yang memiliki anak yang sholih. Berkikut beberapa manfaat dan kebaikan memiliki anak yang sholih.

Doa Anak Sholih dikabulkan

Nabi Muhammad SAW dalam salah satu sabdanya menyatakan bahwa “Apabila manusia mati, terputuslah alamatnya kecuali dari tiga perkara: shodaqoh jariyah, Ilmu yang bermanfaat, dan anak sholih yang mendoakan untuk orang tuanya.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

Ditambahkan Umurnya

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak akan menangguhkan umur dari seseorang apabila ia telah sampai ajalnya. Penambahan itu hanyalah apabila menganugrahkan  keturunan yang sholih pada hambanya. Orang tua yang didoakan maka sampailah doanya kea lam kuburnya” (HR  Hakim dan Abu Darda)

Selalu Menjaga Nama Baik Keluarganya

Anak yang sholih pasti akan menjaga nama baik yang keluarganya terutama kedua orang tua. Ketika keluarganya memiliki masalah, maka dia berusaha untuk menutupi aib dan mencari solusi dari tiap masalah yang ada.

Bagikan kabar baik ini :)

Tentang Penulis

ummiaqiqah