Mengenal Corona Virus

Salah satu topik yang paling sering menjadi bahan perbincangan pada beberapa waktu belakangan ini adalah corona virus. Semua berita dari berbagai media massa tanah air maupun luar negeri memberitakannya tanpa henti selama 24 jam dalam 7 hari. Akan tetapi apakah kita sudah benar-bener tau apa sebenarnya corona virus ini?

Virus corona atau corona virus merupakan virus yang masih sejenis dengan virus MERS dan SARS. Virus corona pertama kali mewabah pada akhir tahun 2019 lalu, tepatnya di kota Wuhan, China. Virus ini diketahui berasal dari hewan kelelawar yang berinteraksi dengan manusia. Manusia yang terinfeksi akan merasakan gejala seperti flu biasa.

Karena gejalanya yang mirip dengan flu, dapat dipastikan bahwa virus corona menyerang organ pernapasan atau paru-paru manusia. Memang masih sulit membedakan antara penyakit yang disebabkan oleh virus corona (covid-19) dengan flu biasa karena gejala yang ditimbulkan hampir sama. Untuk mengetahui secara pasti diperlukan tes khusus dilakukan oleh rumah sakit yang menyediakan tes untuk penyakit ini.

Ciri-ciri atau gejala orang yang telah terinfeksi virus corona diantara lain flu, sakit tenggorokan, batuk, demam antara 36 – 37 derajat celcius, hingga sesak napas. Selain itu penderita juga baru kembali dari luar negeri atau memiliki riwayat kontak dengan warga negara asing yang terdampak virus corona. Oleh karena itu jika kita merasakan gejala seperti flu, sakit tenggorokan, batuk, yang disertai demam dan sebelumnya pernah kontak dengan warga negara asing atau mengunjungi negara yang terdampak sebaiknya segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

Hingga saat ini telah diberitakan bahwa di Indonesia sendiri sudah terdampak oleh virus corona. Jumlah pasien yang telah terinfeksi sampai dengan 17 maret 2020 berjumlah 167 orang. Dari data ini sebaiknya kita lebih mawas diri tapi tanpa perlu disertai rasa panik berlebihan. beberapa kota di Indonesia sudah meliburkan sekolah dan meniadakan/membatalkan acara-acara yang memungkinkan terjadinya peningkatan penyebaran virus corona. Oleh karena itu penting untuk kita menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat.

Bagikan kabar baik ini :)

Tentang Penulis

ummiaqiqah