Memilih Kambing Untuk Aqiqah Sang Buah Hati

Tips Memilih Kambing Untuk Aqiqah Sang Buah Hati

Kelahiran buah hati tentunya menjadi momen menggembirakan bagi orang tua beserta segenap keluarga. Tidak semua orang diberi kemudahan mendapatkan keturunan. Oleh karena itu, selain berucap syukur, Islam juga menganjurkan kita menyembelih hewan ternak atau dikenal dengan sebutan aqiqah. Hewan yang dimaksud dapat berupa domba/kambing, sapi, ataupun unta. Namun yang paling sering digunakan adalah domba/kambing. Begitu hewan aqiqah selesai disembelih, selanjutnya daging diolah menjadi makanan baru kemudian dibagi-bagikan. Maka, sudah sepatutnya bagi kita memilihkan hewan terbaik untuk aqiqah sang buah hati. Bagaimana caranya?

Berikut tips memilih hewan untuk aqiqah:

1. Pilih Kambing atau Domba Yang Sehat

Pastikan hewan yang dipilih untuk sembelihan dalam kondisi sehat. Kambing sehat dapat dilihat dari pergerakannya yang lincah serta tampak kuat. Postur tubuh tidak selalu menentukan kambing dalam keadaan sehat atau tidak. Tidak semua kambing berukuran besar dalam kondisi sehat, begitu pula sebaliknya. Hanya saja, idealnya kambing yang sehat mempunyai pinggang yang lurus, dada lebar, serta pijakannya kokoh. Jika kambing tampak lesu dan malas bergerak, kemungkinan besar kambing tersebut sakit.

Setiap yang akan beraqiqah dapat memilih kambing langsung ke peternaknya. Tapi jika tidak mau repot atau ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kriteria kambing aqiqah terbaik, silahkan tuju website www.ummiaqiqah.com. Ummiaqiqah merupakan penyedia jasa aqiqah tepercaya yang siap melayani pelanggan di seluruh Jabodetabek. Bagaimana cara order aqiqah, silakan akses situs tersebut untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap.

2. Perhatikan Sorot Mata Kambing

Tips memilih kambing untuk aqiqah yang kedua ialah melalui sorot mata. Kambing sehat dapat diamati dari sorot matanya yang fokus dan tidak merah. Kambing yang sehat dapat melihat dengan jelas dan responsif ketika dihadapkan dengan suatu objek.
Perhatikan Rahangnya
Rahang yang kuat turut menentukan kesehatan kambing. Kambing yang memiliki rahang kuat dan gigi lengkap pasti tidak punya masalah saat mengunyah makanan. Apabila kambing mampu mengunyah makanan dengan baik, maka kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Jika sudah cukup nutrisi, otomatis tubuhnya sehat. Kecuali ada faktor-faktor lain yang menyebabkan kambing jadi sakit, semisal terluka akibat serangan hewan lain.

3. Pilih Kambing Berpunggung Besar

Bila ingin mendapatkan kambing berdaging tebal, lihatlah dari bentuk punggungnya. Kambing berpunggung besar pasti punya porsi daging yang lebih banyak.

4. Beli Pada Peternak Muslim

Untuk menjaga kehalalannya, kambing harus diproses mengikuti syariat. Bermula dari penyembelihan dengan asma Allah hingga pengolahan daging dengan bumbu-bumbu dan alat bebas dari najis. Semua itu hanya bisa didapat jika kambingnya disembelih dan diolah oleh orang muslim. Situs www.ummiaqiqah.com membantu memudahkan Anda dalam pengurusan penyembelihan hewan aqiqah, pengolahan daging, hingga penyaluran daging kambing yang sudah jadi. Tak perlu ragu, di ummiaqiqah semuanya dilakukan sesuai dengan aturan-aturan yang disyariatkan.

Itulah beberapa tips memilih kambing untuk aqiqah. Semoga konten ini berguna untuk pembaca yang berencana akan mengadakan aqiqah untuk sang buah hati.

Bagikan kabar baik ini :)

Tentang Penulis

ummiaqiqah