Manfaat Sedekah

Sedekah merupakan salah satu kegiatan yang selain memiliki nilai ibadah dihadapan allah, juga memiliki nilai sosial kemanusiaan dimasyarakat. Sedekah atau dalam bahasa arab Shodaqoh memiliki banyak manfaat lain diantaranya menghapus dosa, menyucikan harta, dan meningkatkan hubungan sosial sesame manusia. Berikut manfaat lain dari sedekah yang kita lakukan:

Melipatgandakan Rezeki

Di dalam Al Quran surah Al Baqarah Ayat 261 Allah berfirman, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” 

Dengan bersedekah Allah SWT akan mengembalikan rezeki berlipat ganda dari jumlah yang disedekahkan. Sehingga tidak perlu takut miskin untuk orang-orang yang gemar bersedekah sebab Allah SWT sendiri yang menjamin hal tersebut.

Membuka Pintu Rezeki

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Baihaqi, Rasulullah SAW bersabda “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari allah) dengan mengeluarkan sedekah.”

Dalam Hadits lain Rasulullah juga bersabda yang diriwayakan oleh Muslim “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya aku memberikan nafkah padamu.”

Harta yang disedekahkan, diganti Allah SWT

Sangat banyak manusia di bumi ini yan takut miskin apabila menyedekahkan hartanya.  Padahal, Allah SWT telah menjanjikan balasan yang jumlahnya berlipat bagi mereka yang bersedekah di jalan Allah. Allah SWT berfirman di dalam surat Saba Ayat 39, “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

 

 

Bagikan kabar baik ini :)

Tentang Penulis

ummiaqiqah