Kurma: Buah Beragam Manfaat

Siapa yang tak kenal kurma? Buah satu ini sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Menjelang bulan Ramadhan seperti, popularitas kurma kian melejit di pasaran. Sangat mudah dijumpai hampir di semua tempat mulai dari pasar tradisional, supermarket, dan minimarket, bahkan di pinggir jalan pun banyak orang yang menjajakannya.

Meski kecil, kurma memiliki beragam manfaat dan memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Secara umum kandungan utama buah ini berupa karbohidrat sederhana yang mana mudah terserap oleh tubuh. Maka dari itu tidak salah jika Nabi SAW menganjurkan untuk berbuka dengan mengkonsumsi kurma.

Selain kandungan karboidratnya yang tinggi (sekitar 70%), kandungan nutrisi lain yang ada dalam buah kurma diantaranaya serat, protein, kalium, magnesium, zat besi, dan vitamin B6. Buah yang dikenal dengan buah nabi ini juga memiliki kandungan antioksidan yang derfungsi untuk menangkal radikal bebas. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diambil dari buah kurma:

Penangkal Radikal Bebas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kandungan antioksidan yang tinggi dapat menangkal radikal bebas dari luar tubuh. Flavonoid, Asam Fenolik, dan Karorenoid merupakan beberapa jenis antioksidan yang dapat megurangi resiko terkena beberapa jenis kanker. Selain itu zat karenoid juga dapat berfunsi untuk mencegah gangguan mata akibat dari penuaan.

Meningkatkan Fungsi dan Kinerja Otak

Protein Beta Amiloid merupakan zat yang dapat menyebabkan terbentuknya plak dalam otak. Dengan mengkonsumsi buah kurma yang terkandung berbagai nutrisi baik didalamnya, akan mencegah dan mengurangi resiko pembentukan plak. Plak yang terbentuk di otak dapat mengganggu interaksi antar sel di dalam otak, sehingga mengurangi kinerja bahkan kematian sel-sel otak.

Menurunkan Berat Badan

Buah kurma segar sangat cocok untuk anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Kurma merupakan camilan yang sesuai sebeb kandungan serat dan karboidrat tak larut dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Meskipun demikian, anda tidak boleh mengkonsumsinya dengan jumlah berlebih. Anda juga tetap harus berolahraga ya untuk mendapatkan berat badan yang ideal, bukan hanya dengan memakan kurma saja.

 

 

Bagikan kabar baik ini :)

Tentang Penulis

ummiaqiqah