Bolehkah Aqiqah Dilaksanakan Ketika Dewasa?

Bolehkah Aqiqah Dilaksanakan Ketika Dewasa?

Aqiqah hukumnya sunnah muakkad (sangat dianjurkan). Namun aqiqah dilaksanakan ketika dewasa apakah tetapkah menjadi keharusan? Begini penjelasannya.

Sesungguhnya waktu yang paling utama menunaikan aqiqah adalah saat anak berusia 7 hari. Pendapat ini diperkuat oleh sabda Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya, dan diberi nama.” (HR. Abu Daud No. 2838).

Apabila pada masa tersebut aqiqah tidak dapat dilaksanakan oleh karena suatu sebab, semisal kondisi keuangan belum memadai, terjadi bencana, dan lainnya maka aqiqah boleh diundur sampai anak berusia 14 atau 21 hari. Dan, ibadah ini dilimpahkan pada ayah kandung dari sang anak.

Lantas, bagaimana hukumnya jika aqiqah tetap tidak dapat dilaksanakan saat usia anak telah mencapai 21 hari?

Tidak masalah. Sesungguhnya pelaksanaan aqiqah tidaklah berbatas waktu. Adapun hari ke-7, 14, dan 21 hanyalah waktu yang paling utama saja. Jadi ketika anak telah baligh sekalipun, sunnah untuk melaksanakan aqiqah tetap tidak gugur dan tetap menjadi tanggungan orang tua (ayah).

Apabila orang tua tetap dalam kondisi fakir sehingga tetap tidak memungkinkan untuk mengaqiqahkan anaknya  sampai dewasa maka ia tidak diperintahkan untuk melaksanakannya. Sebab, Allah SWT sesungguhnya tidak pernah memberatkan hambanya dalam beribadah selagi memang benar-benar tidak mampu.

            “Bertakwalah kepada Allah semampu kalian.” (QS. At. Taghobun: 16)

Di sisi lain, apabila anak telah baligh dan dalam kondisi mampu (bekerja), maka anak tersebut boleh mengaqiqahkan dirinya sendiri tapi bukan menjadi suatu keawajiban. Artinya, dilakukan, berpahala. Tidak dilakukan, tidak berdosa. Hal seperti ini persis seperti yang dicontohkan oleh Baginda Rasulullah, yang mana beliau baru melakukan aqiqah atas dirinya sendiri setelah menerima tugas kenabian.

            Penyelenggaraan Aqiqah Praktis Dan Murah

Selain terbentur masalah biaya, alasan lain yang kerap membuat para orang tua menunda pelaksanaan aqiqah untuk anaknya adalah repot. Apalagi untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan dengan ritme aktivitas cukup padat setiap harinya. Mereka mungkin kesulitan mencari hewan sembelihan yang sehat, cukup umur, dan harga terjangkau. Belum lagi bagaimana nanti dagingnya harus diolah dan dibagi-bagikan.

Tapi kini segalanya jadi lebih mudah berkat adanya jasa catering aqiqah. Untuk warga jabodetabek dan surabaya yang ingin menyelenggarakan aqiqah tapi tidak mau repot, percayakan saja pada Ummi Aqiqah. Ummi Aqiqah akan mengurus semua yang anda butuhkan untuk penyelenggaraan aqiqah, mulai dari pemilihan hewan, penyembelihan, pengolahan daging, hingga pendistribusiannya. Semua wilayah baik aqiqah Jakarta, aqiqah depok, aqiqah tangerang, aqiqah bogor, aqiqah bekasi, aqiqah Surabaya semua kami layani gratis ongkos kirim.

Segala informasi yang ingin Anda ketahui mulai harga aqiqah, tabungan aqiqah, termasuk cara order aqiqah, bisa dilihat di website resmi www.ummiaqiqah.com. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi Anda yang memiliki cukup dana untuk menunda pelaksanaan ibadah aqiqah, walau aqiqah dilaksanakan ketika dewasa. Semoga Bermanfaat 🙂

Bagikan kabar baik ini :)

Tentang Penulis

ummiaqiqah