Aqiqah Untuk Anak Kembar “Jika Tak Mampu”

Aqiqah Untuk Anak Kembar “Jika Tak Mampu”

Anak merupakan anugerah yang dititipkan Allah SWT kepada pasangan suami istri. Tidak semua orang mendapatkan anugerah besar ini walau sudah bertahun-tahun menikah. Oleh karena itu, sebagai bentuk rasa syukur, Islam menganjurkan kita untuk menyembelih hewan sebagai bentuk rasa syukur atau dikenal dengan sebutan aqiqah. Hukumnya memang tidak wajib, tapi bagi yang punya kemampuan finansial, ibadah ini memang sangat ditekankan (sunnah muakkad). Menurut yang disyariatkan, anak laki-laki diaqiqahkan dengan 2 ekor kambing. Sedangkan anak perempuan 1 ekor kambing. Begitu pula kelipatannya untuk anak kembar.

Lantas, bagaimana aqiqah untuk anak kembar jika tidak mampu?

Merujuk pada kitab Almusfashhal fi Ahkamil Aqiqah, para ulama sepakat bahwa aqiqah untuk anak kembar tidak afdhal hanya dengan satu ekor kambing/domba. Sebab, itu berarti hanya satu orang anak saja yang diaqiqahkan. Terkait berapa jumlah hewan yang dibutuhkan, disesuaikan dengan jenis kelamin dan jumlah anak yang hendak diaqiqahkan.

Tetapi, Islam bukanlah agama yang memberatkan. Allah SWT tentu tidak akan membebani umatnya di luar batas kemampuan diri. Adapun jika harta yang ada tidak mencukupi membeli lebih dari satu ekor kambing, maka tidak mengapa dan sudah dianggap sah mengaqiqahkan anak kembar dengan satu ekor kambing saja.

Hal tersebut diperkuat oleh hadist shahih, yakni:

Abdulllah bin Buraidah berkata, “Aku mendengar ayahku, Buraidah berkata bahwa dahulu kami pada masa jahiliyah apabila salah seorang di antara kami terlahirkan anak laki-lakinya maka ia menyembelih seekor kambing dan melumuri kepalanya dengan darahnya. Kemudian tatkala Allah datang membawa Islam maka kami menyembelih seekor kambing dan mencukur rambutnya serta melumurnya dengan za’faran.“ (H.R.  Abu Dawud).

Kata “seekor” dalam hadist di atas menegaskan bahwasanya sah mengaqiqahkan anak laki-laki dengan satu ekor kambing saja. Hal yang sama juga pernah dicontohkan Rasulullah Saw sendiri ketika mengaqiqahkan Hasan dan Husein masing-masing dengan satu domba saja.

            Dimana tempat beli kambing aqiqah?

Ummi Aqiqah merupakan layanan aqiqah yang menyediakan segala kebutuhan untuk beraqiqah. Cocok sekali untuk Anda yang tidak mau repot mengurus segala sesuatunya. Di sini tersedia hewan aqiqah dengan bobot yang beragam, sehat, dan cukup umur untuk disembelih. Dibanding layanan aqiqah lainnya, harga hewan aqiqah di sini cukup terjangkau.

Selebihnya, Ummi aqiqah akan mengolah daging hasil sembelihan menjadi aneka menu pilihan sesuai selera pelanggan dengan jaminan rasa masakan tanpa bau prengus kambing. Begitu pula dengan pendistribusiannya. Untuk cara order aqiqah dan informasi lebih lanjut mengenai layanan ini, silakan akses ke website www.ummiaqiqah.com.

Begitu indahnya ajaran Islam yang tidak pernah memberatkan hambanya. Maka aqiqah untuk anak kembar mestinya tak perlu ditakutkan lagi.  Selagi mampu mengaqiqahkannya dengan lebih satu kambing,itu akan baik sekali, tetapi jika tidak maka satu ekor pun tak mengapa. InsyaAllah

 

Bagikan kabar baik ini :)

Tentang Penulis

ummiaqiqah