surabaya aqiqah

Tunaikan Sunnah Aqiqah sesuai syariah dengan layanan paket aqiqah dari Ummiaqiqah.com, insya Allah pelaksanaan Aqiqah jadi lebih mudah.

Cukup dengan 1 juta Bapak/ibu sudah mendapatkan hewan aqiqah yang sehat dan sesuai hukum ketentuan aqiqah.

Ingin lebih Praktis??

Kami juga menyediakan Paket Aqiqah Murah Berkualitas mulai 1,3 juta sudah matang dengan 2 menu masakan pilihan, praktis tanpa perlu repot memasak.

www.ummiaqiqah.com  –  www.cateringummiaqiqah.com

Kantor Cabang : Jl. Menganti Kramat Gg II no. 14 D Rt. 02 Rw. 04, Wiyung – Surabaya

Kantor Pusat : Green Leaf Village A-7, Sawangan Depok – Jawa Barat

 

Hadist Sunnah Aqiqah

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّيكُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تَذْ بَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

“Setiap bayi tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama” [HR Abu awud, no. 2838, at-Tirmidzi no. 1522, Ibnu Majah no. 3165 dll dari sahabat Samurah bin Jundub Radhiyallahu anhu. Hadits ini dishahihkan oleh al-Hakim dan disetujui oleh adz-Dzahabi, Syaikh al-Albani dan Syaikh Abu Ishaq al-Huwaini dalam kitab al-Insyirah Fi Adabin Nikah hlm. 97]

Diriwayatkan bahwa Aisyah berkata: Rasulullah SAW bersabda: “untuk anak laki-laki sembelihlah dua ekor kambing, untuk anak perempuan satu ekor saja.” (H. R. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hiban)

https://almanhaj.or.id/

Apakah Harus Jantan?

Tidak ada ketentuan jenis kelamin hewan qurban. Boleh jantan maupun betina. Dari Umu Kurzin radliallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Aqiqah untuk anak laki-laki dua kambing dan anak perempuan satu kambing. Tidak jadi masalah jantan maupun betina.” (HR. Ahmad 27900 & An Nasa’i 4218 dan dishahihkan Syaikh Al Albani).

Berdasarkan hadis ini, Al Fairuz Abadzi As Syafi’i mengatakan: “Jika dibolehkan menggunakan hewan betina ketika aqiqah berdasarkan hadist ini, menunjukkan bahwa hal ini juga boleh untuk berqurban.” (Al Muhadzab 1/74)

Namun umumnya hewan jantan itu lebih baik dan lebih mahal dibandingkan hewan betina. Oleh karena itu, tidak harus hewan jantan namun diutamakan jantan.

 Sumber: https://muslim.or.id/

 

Bagikan kabar baik ini :)