Apakah Daging Kambing Menyebabkan Kolesterol?

Sudah tidak asing bagi kita mendengar kata kolesterol. Umumnya kolesterol sering dihubungkan dengan penyakit kolesterol tinggi. Penyakit kolesterol memang beberapa dekade ini merupakan penyakit yang tidak jarang diderita oleh masyarakat Indonesia. Sebelum membahas mengenai apakah daging kambing menyebabkan kolesterol? Sebaiknya terlebih dulu perlu tau apa sebenarnya yang dimaksud dengan kolesterol.

Kolesterol sebenarnya merupakan suatu zat dalam tubuh manusia yang diproduksi oleh hati secara alami. Akan tetapi, kolesterol juga dapat terkandung dalam makanan yang kita konsumsi misalnya makanan yang berasal dari hewan yakni susu, daging, dan terlur. Beberapa fungsi utama kolesterol dalam tuhuh diantaranya: memproduksi hormon, membentuk sel sehat, dan penghasil vitamin D.

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit kolesterol atau hiperkolesterolmia. Meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh disebabkan oleh beberapa faktor antara lain pola hidup yang tidak sehat, penyakit yang sedang diderita (misal obesitas), keturunan, makan makanan dengan kandungan kolesterol tinggi. Pada saat ini penyakit kolesterol lebih sering disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat termasuk makan makanan dengan kadar kolesterol tinggi.

Gaya hidup tidak sehat memang sulit dihindarkan saat ini dimana manusia kebanyakan memiliki aktifitas atau pekerjaan yang jarang melibatkan aktifitas fisik. Kurangnya aktifitas fisik, termasuk olahraga dan makanan yang tinggi kolesterol akan memicu penyakit kolesterol. Makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi contohnya terdapat pada gorengan, makanan cepat saji, susu full cream, jeroan, dan kulit ayam. Berikut daftar makanan dengan kandungan kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi.

Makanan Cepat Saji

Kandungan kolesterol dalam makanan cepat saji seperti pizza, burger, dan fried chicken sekitar 85 – 180 mg per porsinya. Belum lagi makanan cepat saji biasa dimakan bersama minuman bersoda dan kentang goreng yang semakin meningkatkan kandungan kolesterol didalamnya. Mengurangi makanan cepat saji merupakan salah satu cara agar terhindar dari penyakit kolesterol

Es Krim

Meski sepertinya terdapat sedikit kandungan kolesterol didalamnya, sebenarnya eskrim mengandung kolesterol yang lebih tinggi dari donat dan burger. Akan lebih baik mengganti es krim dengan smoothie buah tanpa tambahan gula.

Steak

Umumnya bagian sapi yang sering dijadikan sebagai steak adalah bagian tenderloin dan ribeye. Bagian tersebut memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga lebih lembut dan juicy jika dijadikan sebagai steak. Karena itu kandungan kolesterol pada steak juga lebih tinggi

Telur

Selama tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya, telur dapat menjadi salah satu makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Akan tetapi untuk orang yang sudah memiki riwayat kolesterol, perlu untuk membatasi jumlah konsumsi telur. Konsumsi telur maksimal 4 – 6 butir per minggu untuk orang yang memiliki riwayat kolesterol.

Makanan Laut

Beberapa jenis makanan laut memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Makanan laut atau dikenal sea food yang mengandung kolesterol tinggi yakni lobster, udang, dan kepiting. Kandungan kolesterol dalam 100 gr lobster sekitar 70 mg. Makanan laut yang aman untuk dikonsumsi penderita kolesterol bisa beralih ke ikan yang kadar kolesterolnya lebih rendah

Jeroan

Konsumsi jeroan sebaiknya dibatasi karena selain kandungan kolesterol tinggi, kandungan asam urat didalamnya juga tinggi. Jeroan seperti hati, usus, babat, otak, dan paru, lebih tinggi kandungan kolesterolnya dibanding bagian hewan yang lain.

Lalu Bagaimana dengan daging kambing atau domba?

Faktanya daging kambing atau domba memiliki kadar kolesterol dan lemak jenuh yang lebih rendah dari daging sapi. Daging sapi tanpa lemak kandungan kolesterolnya 300mg, sedangkan daging domba hanya terdapat kolesterol  100 – 150 mg. Jadi kesimpulannya daging kambing /domba yang mitosnya menyebabkan kolesterol bukan hal yang tepat. Bahkan lebih disarankan untuk mengganti daging sapi dengan daging kambing/domba. Bagi anda yang tidak suka dengan daging kambing maupun domba karena baunya yang tidak sedap, artikel berikut ini membantu anda untuk mengolah daging kambing supaya tidak bau prengus.

Bagikan kabar baik ini :)

Tentang Penulis

ummiaqiqah