4 Cara Menghilangkan bau pada daging kambing

Terkadang orang malas masak ataupun mengkonsumsi daging kambing karena baunya yang prengus. Padahal jika diolah dengan benar bau prengus daging kambing bisa dihilangkan. Bau prengus ini disebebkan oleh zat feromon yang ada pada tubuh kambing, terutama kambing jantan. Lalu, bagaimana cara mengolah daging kambing supaya nikmat dan tidak bau prengus? Berikut ini beberapa tips atau cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkannya sehingga daging kambing lebih nikmat.

Jangan Mencuci Daging Kambing

Cara pertama supaya daging kambing supaya tidak prengus pada saat dimasak dengan cara tidak mencucinya terlebih dulu. Jika daging kambing dicuci dterlebih dulu bukannya menghilangkan bau prengus, yang ada malah membuat daging kambing menjadi alot dan menyebabkan capat mengalami pembusukan karena kadar air didalamnya meningkat. Sebaiknya daging kambing langsung direbus sebelum dimasak. Dengan merebus danging kambing sebelum dicuci maka akan menghilangkan bau prengus, selain itu air rebusan tersebut sebaiknya dibuang karena mengandung sisa-sisa kotoran.

Membuang Lemak

Kebanyakan bau prengus kambing berasal dari lemaknya. Oleh karena itu, cara kedua untuk menghilangkan bau prengus dengan membuang lemak-lemak yang menempel pada daging. Dengan membuang lemak, daging kambing juga menjadi tidak alot. Untuk menghilangkan bagian lemak supaya lebih mudah, caranya adalah dengan membekukan terlebih dahulu di dalam lemari es atau freezer. Setelah daging membeku lemak akan mudah untuk dihilangkan.

Menggunakan Nanas

Rasa yang cukup asam dan memiliki aroma segar membuat nanas memiliki banyak fungsi selain dikonsumsi secara langsung. Fungsi lain dari nanas yakni dapat digunakan sebagai marinasi untuk menghilangkan bau prengus kambing serta membuatnya menjadi lebih empuk. Akan tetapi yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau prengus serta mengempukkan daging kambing yakni buah nanas yang masih muda. Hal tersebut karena buah nanas muda mengandung getah yang mengandung zat papain sehingga dapat memecah serat daging kambing.

Air Perasan Jeruk Nipis

Cara ini merupakan cara yang cukup umum dikenal masyarakat. Jeruk nipis dapat digunakan untuk menghilangkan bau prengus daging kambing karena memiliki tinggkat keasaman yang tinggi. Tingkat keasaman atau biasa dikenal dengan PH (potensial hydrogen) pada jeruk nipis dapat membunuh bakteri pada daging kambing.

 

 

Bagikan kabar baik ini :)

Tentang Penulis

ummiaqiqah